Analisis Soal Ujian pada Mata Pelajaran PJOK SMP Negeri 4 Padang Panjang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yogi Idrusmin Putra
Khairuddin Khairuddin

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir sekolah  mata pelajaran PJOK di SMPN 4 Padang Panjang  tahun ajaran 2017/2018  ditinjau dari validitas, reliabilitas,daya pembeda dan tingkat kesukaran .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah  kelas VII A lokal unggul dan kelas VII B yang bisa di kategorikan lokal biasa . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan teknik penarikan sampel : probability sampling( Pengambilan Sampel Acak Berdasar Area / Cluster Random Sampling).Hasil dari penelitian : (1) Validitas 26butir/65% valid dan 14butir/35% tidak valid dan dapat di kategorikan (baik). (2)Reliabilitas memiliki reliabilitas 0,82 yaitu dikategorikan (baik sekali). (3) Daya pembeda  memiliki 17butir/42,5% kualitas Jelek, 13butir/32,5% kualitas cukup, 8butir/20% soal kualitas baik dan 2butir/5% kualitas Negatif, dapat dikategorikan (jelek). (4) Tingkat kesukaran sebanyak 97,5% soal dengan kualitas sedang dan 2,5% memilki kualitas mudah dan 0% kualitas soal sulit,soal dapat dikategorikan (sedang).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, Y., & Khairuddin, K. (2019). Analisis Soal Ujian pada Mata Pelajaran PJOK SMP Negeri 4 Padang Panjang. Jurnal JPDO, 2(1), 136-141. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/206