PENGARUH AKTIVITAS PENDIDIKAN REKREASI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SMPN 32 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bintang Dipebri
Hilmainur Syampurma

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mudah merasa lelah ketika proses pembelajaran masih berlangsung, ketika upacara bendera banyak yang ijin istirahat karena sakit, masih banyak siswa yang tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PJOK siswa SMPN 32 Padang, belum diketahuinya pengaruh aktivitas pendidikan rekreasi terhadap kebugaran jasmani siswa SMPN 32 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SMPN 32 Kota padang yaitu siswa putra sebanyak 301 dan siswa putri sebanyak 275. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu 12 siswa yaitu 6 siswa putra dan 6 siswa putri. Instrumen yang digunakan yaitu tes kebugaran jasmani dengan TKSI Fase D. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Setelah data yang didapatkan diketahui berdistribusi normal, maka dipakai rumus uji-t dengan taraf signifikan α= 0.05. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai perbedaan rata-rata antara Tingkat kebugaran jasmani siswa SMPN 32 Padang sebelum dan setelah diberikan permainan kecil, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan dan positif antara Tingkat kebugaran jasmani siswa SMPN 32 sebelum dan setelah diberikan perlakuan permainan kecil. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara aktivitas Pendidikan rekreasi terhadap Tingkat kebugaran jasmani siswa SMPN 32 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dipebri, B., & Syampurma, H. (2024). PENGARUH AKTIVITAS PENDIDIKAN REKREASI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SMPN 32 PADANG. Jurnal JPDO, 7(7), 1515-1525. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.7.2024.13

References

Amirin. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1-15.
Bariyah, K., Ashari, I. A., & Yuliawan, E. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Masyarakat Jambi Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(2).
Bekebrede, G., Warmelink, H. J. G., & Mayer, I. S. (2011). Reviewing the need for gaming in education to accommodate the net generation. Computers & Education, 57(2), 1521-1529.
Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415–424.
Darni, F. U. (2016). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Shooting Bolabasket Siswa SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jurnal MensSana, 1(2), 35-49.
Eakman, A. M. (2013). Relationships between meaningful activity, basic psychological needs, and meaning in life: Test of the meaningful activity and life meaning model. OTJR: Occupation, Participation and Health, 33(2), 100-109.
Fitriani, B., Matje, I., Safiuddin, S., & Sakia, S. (2023). Aktivitas Kegiatan SD Negeri 1 Lamangga dalam Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan. JPW: Jurnal Pengabdian Wakaaka, 1(1).
Hartono, & Soetanto. (2013). Pendidikan Jasmani (Sebuah Pengantar). Sumenep: Unesa University Press.
Karisman, V. A. (2017). Implementasi Pendidikan Rekreasi dan Outdoor Terhadap Percaya Diri Mahasiswa. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 56–61.
Mayasari, M. (2013). Perancangan taman rekreasi dan wisata kuliner di Madiun: Ekologi [Undergraduate thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Pramadya, Y. R., & Sudijandoko, A. (2017). Analisis Motivasi Pada Komunitas Masyarakat Pelaku Olahraga Rekreasi Bolavoltik Di Kecamatan Pacet. Jurnal Kesehatan Olahraga. Jurnal Kesehatan Olahraga, 05(03), 49–54.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Rosidig. (2012). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V SDN Tersan Gede 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Roy, T. C., Springer, B. A., McNulty, V., & Butler, N. L. (2010). Physical fitness. Military medicine, 175(suppl_8), 14-20.
Sari, D. N. (2020). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2).
Sari, D. N., Nelson, S., & Haris, F. (2023). Pembinaan kebugaran jasmani dan pelatihan keterampilan kreativitas sebagai upaya mencegah demensia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 3(1), 15-24.
Subagja, W. (2023). Survei Motivasi Siswa Sdn Rawa Badak Utara 23 Jakarta Utara Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan [Skripsi]. Universitas Islam.
Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1).
Syampurma, H. (2018). Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-Siswi SMP Negeri 32 Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 88.
Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: Rajawali Pers.
Syampurma, Hilmainur. Dkk. 2017. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Ke Olahragaan Indonesia. Volume 7. Nomor 1: 28-29
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7 (1), 24-34.
Iqbal, M., Darni, D., Jonni, J., & Sari, D. N. (2024). Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Jurnal JPDO, 7(1), 158-164.