Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Vll Di SMP Negeri 7 Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Saima Pane
Syamsuar Syamsuar

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurang bersemangat, mudah lelah dan kurangnya aktivitas gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 7 Bukittinggi, hal ini berkaitan dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bukittinggi yang berjumlah 242 siswa. Terdiri dari 129 siswa putra dan 113 siswa putri. Pengambilan sampel dalam penelitiaan ini adalah 10% dari populasi, Maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 25 siswa. Terdiri dari 13 siswa putra dan 12 siswa putri. Pengambilan data didapatkan melalui tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase D Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang meliputi : Daya Tahan aerobik/kardiorespirasi menggunakan Multi Stage Fitness Test, kekuatan otot menggunakan tes sit-up, daya ledak menggunakan standing broad jump, kelincahan menggunakan T-Test dan koordiasi mata tangan menggunakan tes Hand eye coordination. Teknik analisa data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ; ”Rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bukittinggi dikategorikan sedang.”



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pane, N., & Syamsuar, S. (2024). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Vll Di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Jurnal JPDO, 7(8), 1841-1851. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.8.2024.43

References

Adhianto, & Arief. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2).

Ananda, D., Rosmawati, Syamsuar, & Amra, F. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga (JP&O), 6(1).

Elza, F. ., Fildaus, K., Darni, & Wulandari, I. (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas VIII Siswa SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga (JP&O), 6(3).

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. . (2018). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(1).

Hardiansyah, S. (2017). Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri PadangInderect Teaching Styles Terhadap Shooting Dalam Permainan Bola. Jurnal Sporta Saintika, 4(2), 2.

Hasnita, A., Nova, A., & Kurniawan, R. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pesisir Di Kuala Langsa Dengan Siswa Di Daerah Kota Di Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS), 4(1).

Ismaryati. (2008). Peningkatan kelincahan atlet melalui penggunaan metode kombinasi latihan sirkuit-pliometrik dan berat badan. Jurnal Paedagogia, 11(1), 74 – 89.

Natal, Y. . (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP Di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1).

Roga, H. ., Sepriani, R., Sepriadi, & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas X Sekolah. Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga (JP&O), 6(9).

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2012). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1).
Satria, T., & Masrun. (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Padang. Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20 (2), 77.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: ekspioratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (M. S. Sofia Yustiyanti Suryandari, S, K (ed.)). Alfabeta.

Sulnawir, S., Muhammadong, M., & Usman, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 9 Makassar. Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 79.