Pelaksanaan Ekstrakurikuler Kepramukaan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Gugus Depan 041-042 SD Negeri 20 Salayo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fanny Pratiwi
Nirwandi Nirwandi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah berawal dari dugaan peneliti tentang Pelaksanaan Pembentukan Karakter pada Ekstrakurikuler Pramuka di Gugus Depan 041-042 SD Negeri 20 Selayo yang belum terlaksana secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembentukan Karakter pada Ekstrakurikuler Pramuka di Gugus Depan 041-042 SD Negeri 20 Selayo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka siaga SD Negeri 20 Selayo, sampel dalam penelitian ini yaitu       seluruh anggota pramuka siaga SD Negeri 20 Selayo, variabel dalam penelitian ini Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah meliputi 1) Religius, 2) Jujur, 3) Toleransi, 4) Disiplin, 5) Kerja Keras, 6) Kreatif, 7) Mandiri. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan cara menyebarkan angket kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius sebesar 82% berada pada klasifikasi terlaksana “Baik”. 2). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan Karakter Jujur sebesar 57% berada pada klasifikasi terlaksana Kurang”. 3). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan karakter toleransi sebesar 80% berada pada klasifikasi terlaksana “Baik”. 4). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan karakter Disiplin sebesar 21% berada pada klasifikasi terlaksana “Kurang Sekali”. 5). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan karakter Kerja Keras sebesar 48% berada pada klasifikasi terlaksana “Kurang Sekali”. 6). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan karakter kreatif sebesar 29% berada pada klasifikasi terlaksana “Kurang Sekali”. 7). Tingkat capaian Pelaksanaan Pembentukan karakter Mandiri sebesar 76% berada pada klasifikasi terlaksana “Cukup”.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratiwi, F., & Nirwandi, N. (2024). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Kepramukaan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Gugus Depan 041-042 SD Negeri 20 Salayo. Jurnal JPDO, 7(9), 2031-2040. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.9.2024.62

References

Amra, F., & Soniawan, V. (2020). The Effect of Agility , Foot-Eye Coordination , and Balance on Dribbling Ability : An Ex Post Facto Research at Balai Baru Football Academy Padang. 464(Psshers 2019), 759–763.
Anita, S., & Astuti, Y. (2021). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani PERFORMANCE OF PHYSICAL EDUCATION TEACHERS IN THE NEW NORMAL OF COVID-19. 5(4).
Annisa, S. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI TRITIH WETAN 05 JERUKLEGI CILACAP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke IV Agustus 2015, 151, 10–17.
Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Aziz, R. A., & Ulya, V. F. (2022). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 171–187. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2705
Bomans Wadu, L., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 100–106.
Damrah, Syahrastani, & Darni. (2022). Kebiasaan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal JPDO, 5(6), 67–73. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1115
Friska, Okta, & Anggrayni. (2022). Analisis Nilai Karakter Kedisplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDN 08 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 24–27.
Maini, A. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 4 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(2), 1–6.
Mulyanana, & Deddy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Remaja Rosdakarya Bandung. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://osf.io/ew5j7/download
Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal MensSana, 3(2), 93. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.82
Nurul, H., & Putu, A. (2021). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. Kejaora, 6(April), 189–196.
Oktriani, S., Agustin, N. M., & Setiawan, A. (2022). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 : Tinjauan Di Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Survey on Implementation of Learning Physical Education Sports and Health During the Covid-19 Pandemic : An Overv. Jurnal Physical Activity Journal (PAJU), 4(1), 2022.
Pratama, A. (2021). Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 17 Padang pada Masa Pandemi Covid 19. 5(2), 99–102. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32538
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Sari, D. N., Wulandari, I., Hardiansyah, S., & Zulbahri. (2020). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. 460(Icpe 2019), 120–123. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.034