Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Video Bola Voli Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembayan Kabupaten Agam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dalani Puspita Koto
Asep Sujana Wahyuri
Pitnawati Pitnawati
Haripah Lawanis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video dalam meningkatkan kemauan belajar dan pemahaman siswa dalam materi bola voli. Berdasarkan pengamatan penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembayan, terlihat para siswa kurang kemauannya dalam belajar dan sulit dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terkhususnya pada materi bola voli yang disampaikan.


Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah pengembangan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dibantu oleh 4 orang validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media yang dikembangkan memiliki klasifikasi sangat layak. Media berbasis video pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video bola voli di Sekolah Menenagah Atas Negeri 1 Palembayan Kabupaten Agam sangat layak digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Koto, D., Wahyuri, A., Pitnawati, P., & Lawanis, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Video Bola Voli Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal JPDO, 7(5), in press. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.5.2024.116