Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Kurikulum Merdeka di UPT SMP Negri 8 Padang Kecamatan Padang Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riki Candra
Khairuddin Khairuddin
Yaslindo Yaslindo
Indri Wulandari

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berfikir kritis pada kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 8 Padang Kecamatan Padang Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan problem basic learning untuk meningkatkan berfikir kritis pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 8 Padang Kecamatan Padang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November s.d Desember 2023 di UPT SMP Negeri 8 Padang Kecamatan Padang Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8A yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang siswa. Instrument dan teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berfikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda mean atau uji t. Hasil penelitian ini adalah: terdapat pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berfiikir kritis pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 8 Padang Kecamatan Padang Timur dengan (thitung) 8,78 > 1,69 (ttabel), dimana terjadi rata-rata peningkatan rata-rata nilai sebesar 16,88 poin. Artinya penerapan problem basic learning bias digunakan dalam meningkatkan kemampuan berfiikir kritis pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 8 Padang Kecamatan Padang Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Candra, R., Khairuddin, K., Yaslindo, Y., & Wulandari, I. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Kurikulum Merdeka di UPT SMP Negri 8 Padang Kecamatan Padang Timur. Jurnal JPDO, 7(5), in press. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.5.2024.122