Survei Penerapan Literasi Visual Dalam Pembelajaran Senam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

WINDY AKBARI
Sri Gusti Handayani

Abstract

Pembelajaran yang terfokus pada senam merupakan sebuah perjalanan yang melibatkan pemahaman mendalam tentang berbagai teknik gerakan tubuh, koordinasi yang tepat antara otot-otot, serta pemeliharaan kesehatan secara menyeluruh, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Penerapan Literasi Visual Dalam Pembelajaran Senam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang, jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional sampling, teknik analisis data adalah dengan analisis deskriftif kualitatif, hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisi data Indikator Pandangan Kritis termasuk ketegori tinggi sebesar 71,03%. Pada Indikator Diskriminasi Visual termasuk ketegori tinggi sebesar 71,04%. Pada Indikator Kontruksi Makna termasuk ketegori tinggi sebesar 69,10%. Pada Indikator Penalaran Visual termasuk ketegori tinggi sebesar 66,88%. Pada Indikator Berpikir Visual termasuk ketegori tinggi sebesar 63,93%. Penerapan literasi visual dalam pembelajaran senam siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang termasuk kategori timggu besaran persentase 63,93 yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 61-80%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
AKBARI, W., & Handayani, S. (2024). Survei Penerapan Literasi Visual Dalam Pembelajaran Senam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal JPDO, 7(5), in press. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.5.2024.124