Pengaruh Metode Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Berguling kedepan Peserta Didik SMP Negeri 3 Sungai Penuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Hadid Hudaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi metode pembelajaran dalam peningkatan kemampuan berguling kedepan di SMP Negeri 3 Sungai Penuh masih kurang dalam penggunaan metode pembelajaran dikarenakan hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional. Namun, belum ada yang menggunakan metode drill sebagai metode pembelajaran materi berguling kedepan padahal metode drill memiliki keunggulan yaitu mendorong siswa supaya saat pembelajaran siswa mudah memahami materi berguling kedepan. Metode drill adalah metode yang memungkinkan siswa mempraktikkan keterampilan tertentu dengan mengikuti penjelasan dan petunjuk guru. Penelitian ini menggunakan kuantitatif yang disebut Quasi Experiment. Metode pengumpulan data dengan tes, berupa pernyataan 10. Metode analisis data yakni uji normal, uji sejenis, dan uji hipotesis, serta alat pengumpulan datanya menggunakan lembaran pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode drill berpengaruh signifikan dibanding dengan kelas kontrol menggunakan metode konvensional pada peningkatan kemampuan berguling kedepan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sungai Penuh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hudaya, M. (2024). Pengaruh Metode Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Berguling kedepan Peserta Didik SMP Negeri 3 Sungai Penuh. Jurnal JPDO, 7(6), in press. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.6.2024.148