Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Kemampuan Berguling ke Depan Siswa SMP Negeri 26 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Safandi
Sri Gusti Handayani

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berguling kedepan siswa SMP Negeri 26 kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan berguling ke depan siswa SMP Negeri 26 kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus s.d oktober 2023 di lapangan SMP Negeri 26 kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 26 kota Padang yang berjumlah 874 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes rolling kedepan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji beda mean atau uji t. Hasil penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh metode bermain terhadap kemampuan Berguling ke depan siswa SMP Negeri 26 kota Padang dengan thitung 24,76 > ttabel 1,69, dimana terjadi rata-rata peningkatan berguling ke depan sebesar 27,87 poin.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Safandi, A., & Handayani, S. (2024). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Kemampuan Berguling ke Depan Siswa SMP Negeri 26 Padang. Jurnal JPDO, 7(4). https://doi.org/10.24036/JPDO.7.4.2024.89