Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaran PJOK pada Materi Bola Voli di SMP N 34 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian Shinta Nopriyanti Sari bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video di sekolah menengah pertama dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa dalam materi bola voli. Berdasarkan pengamatan peneliti di sekolah menengah pertama di Kota Padang, terlihat para siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terkhususnya pada materi bola voli dan sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengguakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah pengembangan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini di bantu oleh 4 orang validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 ahli Bahasa. Insrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan hasil pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa validitasi media yang dikembangkan memiliki klasifikasi sangat layak. Ketika diberikan soal post-test mengalami peningkatan dari sebelumnya saat mengerjakan soal pre-test sehinga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil tersebut. Media berbasis video pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang sangat layak digunakan.