Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani dalam Pembelajaran PJOK Siswa di SMP Negeri 26 Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Laviona Sasra
Syamsuar Syamsuar
Atradinal Atradinal
Despita Antoni

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mudah merasa Lelah dalam pembelajaran PJOK siswa di SMP Negeri 26 Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dalam pembelajaran PJOK siswa di SMP Negeri 26 Kota Padang.


            Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 26 Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII 1 dengan jumlah siswa 32 orang. Pengambilan data dilakukan melalui Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) fase D. Analisis data penelitian menggunakan statistic deskriptif dengan tabulasi frekuensi.


            Berdasarkan deskripsi data yang telah diperoleh hasil bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa dalam pembelajaran PJOK siswa di SMP Negeri 26 Kota Padang dengan nilai rata-rata 13,59375 dikategorikan kurang. Presentase masing-masing kategori yaitu kategori sangat baik 0, kategori baik 16 dengan jumlah siswa 5 orang, kategori sedang 34 dengan jumlah siswa 11 orang, kategori kurang 41 dengan jumlah siswa 13 orang dan kategori kurang sekali 9 dengan jumlah siswa 3 orang. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sasra, L., Syamsuar, S., Atradinal, A., & Antoni, D. (2024). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani dalam Pembelajaran PJOK Siswa di SMP Negeri 26 Kota Padang. Jurnal JPDO, 7(3), 125-131. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.3.2024.66