Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Belajar pada Teknik Dasar Futsal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arnol Arnol
Kamal Firdaus
Asep Sujana Wahyuri
Haripah Lawanis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan belajar pada Teknik dasar Futsal siswa Kelas IX APHP A SMKN 1 Surade Jawa Barat dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw. Jenis peneliltian ini adalah penelitian Tindakan kelas. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas jurusan Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 1 Surade Jawa Barat yang berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, Maka dari itu diambillah sampel siswa kelas XI APHP A SMKN 1 Surade Jawa Barat yang berjumlah 21 orang sebagai sampel penelitian. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi setiap siklus, Pre dan Post Test dalam bentuk essay dan lembar kerja keterampilan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Teknik penelitian Tindakan kelas. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh: terdapat peningkatan keterampilan belajar siswa SMKN 1 Surade

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arnol, A., Firdaus, K., Wahyuri, A., & Lawanis, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Belajar pada Teknik Dasar Futsal. Jurnal JPDO, 7(2), 17-24. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.2.2024.29