Profil Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa di Sekolah Dasar Negeri 30 Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alvinaldi Alvinaldi
Syahrial Bakhtiar
Yulifri Yulifri
Willadi Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa di sekolah Dasar Negeri 30 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskiptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan mengambil 25% dari populasi 125 siswa untuk menentukan sampel perkelas dan di ambil berdasarkan usia dan jenis kelamin. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan instrumen KTK untuk mengukur koordinasi gerak siswa yang terdiri dari tes 1) balance beam, 2) Moving Sideways, 3) Jumping Sideways, dan 4) Eye-hand Coordination. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentatif untuk penentuan skor kemampuan koordinasi gerak yang di dapat dari jumlah skor empat item tes koordinasi gerak KTK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koordinasi Gerak Siswa di Sekolah. Dasar Negeri 30 Kota Padang menunjukkan laki-laki usia 7-9 berada pada kategori sedang, laki-laki usia 10-12 berada pada kategori sedang, perempuan usia 7-9 berada pada kategori baik, dan perempuan usia 10-12 berada pada kategori kurang.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alvinaldi, A., Bakhtiar, S., Yulifri, Y., & Rasyid, W. (2023). Profil Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa di Sekolah Dasar Negeri 30 Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(12), 93-100. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1618