Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa/Siswi Kelas IXSekolah Menengah Pertama Negeri 24 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anas Husman
Syahrial Bakhtiar
Arie Asnaldi*
Dessi Novita Sari

Abstract


Masalah di dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan koordinasi gerak siswa/siswi kelas IX SMP Negeri 24 Padang yang belum begitu maksimal, sehingga hal ini cukup mempengaruhi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koordinasi gerak siswa/siswi kelas IX SMP Negeri 24 Padang. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskripstif.  Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IX SMP Negeri 24 Padang, dengan sampel penelitian sebanyak 32 siswa, dengan rincian 16 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen “Motor Coordination”, yaitu (1) Jumping Sideways, (2) Moving Sideways, (3) Eye Hand Coordination, (4) Shuttle Throw. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskripstif yang menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tingkat kemampuan koordinasi siswa putra berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu 34, (2) Tingkat kemampuan koordinasi siswa putri berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu 32, (3) Tingkat kemampuan koordinasi gerak Siswa/Siswi Kelas IX SMP Negeri 24 Padang secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata sebesar 34



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Husman, A., Bakhtiar, S., Asnaldi*, A., & Sari, D. (2023). Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa/Siswi Kelas IXSekolah Menengah Pertama Negeri 24 Padang. Jurnal JPDO, 6(12), 108-117. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.6.2024.6