Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 40 Meter Pada Siswa Putra Kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rusmay Hafiz
Nurul Ihsan
Arsil Arsil
Mario Febrian

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa dalam pembelajaran jasmani  yang kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran atletik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas capaian hasil belajar lari sprint 40 meter  melalui pendekatan bermain pada siswa putra kelas V SD N 29 Ganting Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest an Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui tes awal dan tes akhir. Instrumen tes yang digunakan tes lari sprint 40 meter. Teknik analisis data dalam menguji hipotesis dengan statistic uji t-test. Temuan dari penelitian ini yaitu (1) metode bermain berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint 40 meter pada siswa putra kela V SD N 29 Ganting Utara dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya 0,00 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan (2) didapatkan peningkatan hasil belajar lari sprint 40 meter sebelum dilakukan latihan dan setelah diberikan latihan  sebesar 0,13 dengan adanya metode bermain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hafiz, R., Ihsan, N., Arsil, A., & Febrian, M. (2023). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 40 Meter Pada Siswa Putra Kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara. Jurnal JPDO, 7(1), 25-32. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1601