Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis melalui Media Visual di SMP N 30 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Bulutangkis merupakan cabang olahraga populer di Indonesia dan merupakan cabang olahraga yang masuk ke dalam kurikulum PJOK untuk diajarkan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar servis bulutangkis melalui media visual di SMP N 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siswa kelas VIII sebagai subjek openelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengujian validitas data, pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan Triangulasi Hasil penelitian; (1) Sikuls 1; (a) Observasi guru, didapatkan masing-masing pertemuan nilai 2.88 dan 3.2 dengan klasifikasi “Baik”, (b) Observasi siswa, didapatkan masing-masing pertemuan nilai 2.7 dan 3.1 dengan klasifikasi “Baik”, (c) Tes kognitif, 22 orang tidak tuntas dan 7 orang tuntas dengan rata-rata nilai kelas 58,2 (d) Tes psikomotor, 20 orang tidak tuntas dan 10 orang tuntas dengan rata-rata nilai kelas 70,7. (2) Siklus II; (a) Observasi guru, didapatkan masing-masing pertemuan nilai 3.87 dan 3.97 klasifikasi “Baik”. (b) Observasi siswa, didapatkan masing-masing pertemuan nilai 3.44 dan 3.88 dengan klasifikasi “Baik”, (c) Tes kognitif, 14 orang tidak tuntas dan 16 orang tuntas dengan rata-rata nilai kelas 80,3. (d) Tes psikomotor, 4 orang tidak tuntas dan 26 orang tuntas dengan rata-rata nilai kelas 89,9.