Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Olga Dena Zakwan Zakki
Rika Sepriani
Sepriadi Sepriadi
Riand Resmana

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa


kelas XI di SMAN 1 Sungai Limau. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan


populasi seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Sungai Limau dengan jumlah 190 siswa. Sampel


di ambil dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga di dapatkan sampel


sebanyak 30 orang dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 14 siswa putri. Instrumen penelitian


yang digunakan adalah Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) kelas F. Analisis data


penelitian menggunakan statistic deskriptif dengan tabulasi frekuensi.Hasil penelitian ini


adalah tingkat kebugaran jasmani siswa laki-laki kelas XI di SMAN 1 Sungai Limau tidak


terdapat kategori baik sekali. Sekitar 12,5% (2 orang) siswa laki laki berada pada kategori


baik, 43,8% (7 orang) siswa laki-laki berada pada kategori sedang, 37,5% (6 orang) siswa laki-


laki berada pada kategori kurang dan 6,3% (1 orang) berada pada kategori kurang sekali


dengan nilai rata-rata kebugaran jasmani siswa laki-laki 19,06 dalam kategori kebugaran


jasmaninya sedang. Sedangkan siswa putri kelas XI di SMAN 1 Sungai Limau tidak terdapat


kategori baik sekali. Sekitar 7,1% (1 orang) siswa putri berada pada kategori baik, 28,6% (4


orang) siswa putri berada pada kategori sedang, 35,7% (5 orang) siswa putri berada pada


kategori kurang, 28,6% (4 orang) siswa putri berada pada kategori kurang sekali dengan nilai


rata-rata kebugaran jasmani siswa putri 17 dalam kategori kurang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zakwan Zakki, O. D., Sepriani, R., Sepriadi, S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 6(12), 17-25. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1564