Analisis Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kenny Setiawan
Khairuddin Khairuddin
Deswandi Deswandi
Rika Sepriani

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor soal ujian semester kelas XI mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Seluma tahun ajaran 2022/ 2023. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik sampel acak berdasarkan area / Cluster Random Sampling. Subjek penelitian adalah kelas unggul XI Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) 2 dan XI Teknik Otomitif (TO) 1 berjumlah 45 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan program ANATES Version 4.09. Hasil penelitian: (1) Valid 34 butir (85%) dan tidak valid 6 butir (15%). (2) Reliabilitas yang tinggi dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,83 (3) Daya Pembeda, kategori jelek sekali berjumlah 2 butir (5%), jelek 15 butir (37,5%), sedang 3 butir (7,5%), baik 11 butir (27,5%), dan baik sekali 9 butir (22,5%). (4) TTingkat Kesukaran, sukar 14 butir (35%), sedang 24 butir (60%), mudah 2 butir (5%). (5) Efektivitas Pengecoh/Distractor sangat baik 6 butir (15%), baik 15 butir (37,5%), kurang baik 19 butir (47,5%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawan, K., Khairuddin, K., Deswandi, D., & Sepriani, R. (2023). Analisis Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI. Jurnal JPDO, 6(11), 24-30. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1554