Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Bulutangkis Sekolah Menengah Atas Kelas XI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Nurhaliza
Asep Sujana Wahyuri
Rika Sepriani
Muhammad Arnando

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis multimedia interaktif materi bulutangkis di sekolah menengah atas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pengamatan peneliti di sekolah menengah atas di Koto XI Tarusan. Terlihat peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran PJOK terkhususnya pada materi bulutangkis dan sulit bagi peserta didik memahami materi yang disampaikan. Jenis Penelitian ini merupakan Reseach and Development  (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas 5 langkah pengembangan yaitu, Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dibantu oleh 5 orang validator yaitu 3 ahli materi, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa validitas media yang dikembangkan memiliki persentase 91,20% dengan klasifikasi sangat layak. Media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis multimedia interaktif pada materi bulutangkis sekolah menengah atas kelas XI layak digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurhaliza, S., Wahyuri, A., Sepriani, R., & Arnando, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Bulutangkis Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Jurnal JPDO, 6(9), 59-67. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1551