Evaluasi Analisis Instrumen Pembelajaran Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Syaifullah Alwahid
Khairuddin Khairuddin
Sepriadi Sepriadi
Mario Febrian

Abstract

Keterbatasan pemahaman guru dalam menggunakan aplikasi untuk analisis soal


menjadi kendala untuk melakukan analisis  butir  soal  secara  keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi analisis instrument pembelajaran kognitif mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal Ujian Akhir Semester Genap dan jawaban soal dari peserta didik/siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif ranah kognitif mencakup validitas, reabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distractor.Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kualitas soal Ulangan Akhir Semester mata pelajaran PJOK kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Ajaran 2021/2022 dilihat dari segi validitas termasuk soal yang kurang dari segi validitasnya karena 80% butir soal termasuk dalam katagori tidak valid sedangkan hanya 20% dinyatakan valid. Dari segi reliabilitas mempunyai r11 kecil dari 0,70 yaitu sebesar 0,020 sehingga soal tersebut memiliki reliabilitas yang tidak reliable. Dari segi daya pembeda termasuk kategori jelek. Dari segi tingkat kesukaran termasuk kategori mudah. Dari segi efektivitas pengecoh dalam kategori diterima. Secara keseluruhan yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh dikategorikan ditolak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alwahid, M., Khairuddin, K., Sepriadi, S., & Febrian, M. (2023). Evaluasi Analisis Instrumen Pembelajaran Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal JPDO, 6(8), 144-152. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1513