Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Romi Safri Nur Putra
Sepriadi Sepriadi
Nirwandi Nirwandi
Indri Wulandari

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh masih kurangnya kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubugan antara kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, maka jumlah sampel adalah sebanyak 31 orang siswa. Instrument penelitian ini menggunakan 1) Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI), 2) consentration grid test, dan 3) Hasil Belajar Semester. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda yang dilanjutkan dengan analisis uji signifikansi dengan uji t. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kebugaran jasmani memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa 2) Tingkat konsentrasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa 3) kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nur Putra, R. S., Sepriadi, S., Nirwandi, N., & Wulandari, I. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Jurnal JPDO, 6(10), 16-24. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1500