ANALISIS INSTRUMEN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PADANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anastasya Ramadhani Putri
Khairuddin Khairuddin
Arsil Arsil
Andre Igo Resky

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal dari segi Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor soal ujian semester kelas XII mata pelajaran PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang tahun pelajaran 2019/2020.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas unggul VIIA dan VIIH.. Metode pengumpulan data menggunakan metode statistik. Analisis data dilakukan menggunakan program ANATES Version 4.09. Hasil penelitian ini: (1) Valid 44 butir (88%) dan tidak valid 6 butir (12%). (2) Reliabilitas yang tinggi dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,73 (3) Daya Pembeda, kategori jelek sekali berjumlah 5 butir (10%), jelek 24 butir (48%), sedang 5 butir (10%), baik 8 butir (16%), dan baik sekali 8 butir (16%). (4) Tingkat Kesukaran, sukar 8 butir (6%), sedang 16 butir (32%), mudah 26 butir (52%). (5) Efektivitas Pengecoh/Distractor sangat baik 18 butir (36%), baik 21 butir (42%), kurang baik 8 butir (16%), dan jelek 3 butir (6%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, A., Khairuddin, K., Arsil, A., & Resky, A. (2023). ANALISIS INSTRUMEN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PADANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal JPDO, 6(7), 59-67. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1486