Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Olahraga FIK UNP Angkatan 2022

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ade Andrian
Yaslindo Yaslindo
Erianti Erianti
Yuni Astuti

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu belum diketahuinya tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fik Unp Angkatan 2022. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fik Unp Angkatan 2022.


Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fik Unp Angkatan 2022. Adapun teknik pengambilan sampel Pada penelitian dengan teknik total sampling yaitu hanya pemain putra saja, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini 23 orang. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan pengambilan data terdiri dari 3 item tes, yaitu ter service bawaha, tes passing bawah, tes passing atas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.


Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan teknik dasar bolavoli mahasiswa pendidikan olahraga FIK UNP angkatan 2022 dapat disimpulkan berikut ini : 1) kemampuan passing bahwab 0 mahasiswa (0%)  termasuk dalam kategori sangat kurang, 6 mahasiswa (26%) termasuk  dalam kategori kurang, 12 mahasiswa (52%) termasuk dalam kategori cukup,  1 mahasiswa (4%) termasuk dalam kategori baik, dan 4 mahasiswa (17%)  termasuk dalam kategori sangat baik. 2) kemampuan passing atas mahasiswa (9%)  termasuk dalam kategori sangat kurang, 6 mahasiswa (26%) termasuk  dalam kategori kurang, 6 mahasiswa (26%) termasuk dalam kategori cukup,  7 mahasiswa (30%) termasuk dalam kategori baik, dan 2 mahasiswa (9%)  termasuk dalam kategori sangat baik. 3) kemampuan service atas 0 mahasiswa (0%)  termasuk dalam kategori sangat kurang, 4 mahasiswa (17%) termasuk  dalam kategori kurang, 7 mahasiswa (30%) termasuk dalam kategori cukup,  12 mahasiswa (52%) termasuk dalam kategori baik, dan 0 mahasiswa (0%)  termasuk dalam kategori sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Andrian, A., Yaslindo, Y., Erianti, E., & Astuti, Y. (2023). Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Olahraga FIK UNP Angkatan 2022. Jurnal JPDO, 6(12), 49-55. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1459