Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Karate Dojo Polres Di Kota Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sifa Afiah
Deswandi Deswandi
Rika Sepriani
Haripah Lawanis

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi atlet Karate Dojo Polres di Kota Bukittinggi ini diduga diakitbatkan oleh rendahnya kondisi fisik atlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kondisi fisik atlet Karate Dojo Polres di Kota Bukittinggi.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Karate Dojo Polres di Kota Bukittinggi berjumlah 18 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Total Sampling, sebanyak 18 orang. Untuk memperoleh data dilakukan pengukuran terhadap komponen-komponen kondisi meliputi daya tahan aerobik dengan menggunakan metode bleep test, kecepatan reaksi dengan menggunakan hand touch reaction test, kelincahan dengan menggunakan tes kelincahan dan daya ledak otot tungkai menggunakan vertical jump. Data yang diambil dianalisis dengan menggunakan persentase.


Hasil analisis data dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil tes kecepatan reaksi 1,312 kategori sedang, 2) Hasil tes kelincahan 10,397 kategori baik, 3) Hasil tes daya ledak otot tungkai 38,388 sedang, dan 4) Hasil tes daya tahan aerobik 58,333 kategori baik sekali.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afiah, S., Deswandi, D., Sepriani, R., & Lawanis, H. (2023). Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Karate Dojo Polres Di Kota Bukittinggi. Jurnal JPDO, 6(9), 119-128. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1457