Evaluasi Instrumen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 30

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Keristin Octavia Zalukhu
Khairuddin Khairuddin
Syamsuar Syamsuar
Dessi Novita Sari

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal dari segi Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor soal ujian semester kelas VII mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas unggul VIIA dan VIIH.. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan program ANATES Version 4.09. Hasil penelitian ini: (1) Valid 56 butir (92%) dan tidak valid 4 butir (8%). (2) Reliabilitas yang rendah dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,69 (3) Daya Pembeda, kategori jelek sekali berjumlah 6 butir (12%), jelek 13 butir (26%), sedang 19 butir (38%), baik 10 butir (20%), dan baik sekali 2 butir (4%). (4) Tingkat Kesukaran, sukar 5 butir (10%), sedang 28 butir (56%), mudah 17 butir (34%). (5) Ef level of difficultyektivitas Pengecoh/Distractor sangat baik 15 butir (30%), baik 30 butir (60%), kurang baik 5 butir (10%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zalukhu, K., Khairuddin, K., Syamsuar, S., & Sari, D. (2023). Evaluasi Instrumen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 30. Jurnal JPDO, 6(6), 89-96. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1407