Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation pada Materi Lari Jarak Pendek di Kelas XI SMA Negeri 1 Bonjol
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini yakni menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran Whiteboard Animation pada materi lari jarak pendek di kelas XI SMA. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian R&D (Research & Development) serta adapun model penelitian yang digunakan yakni adalah model ADDIE yang terdiri atas lima Langkah yakni analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan yang terakhir evaluasi (evalution). Serta dengan menggunakan uji T untuk melihat keefektifan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi materi , Bahasa dan media dengan rata-rata presentase sebesar 93 %, denga kategori sangat valid. Adapun hasil efektifitas bisa terlihat dari hasil analisis uji T dengan presentase sebesar 7,76. Dan perbandingan hasil nilai kelas kontrol dengan presentase sebesar 67,79% dan kelas eksperimen dengan presentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat efektif. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran Whiteboard Animation ini telah valid dan efektif pada kelas XI SMA.