PENGARUH METODE KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SOLOK SELATAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Berdasarkan pengamatan penulis menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui metode kooperatif pada siswa kelas XI MIPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan. Penilitian ini merupakan penilitian eksperimen semu dengan desain quasi eksperimen kelompok control group design dengan pre test dan post test dengan perlakuan 3 kali pertemuan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa, dan Sedangkan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Teknik penarikan sampel yang dipakai adalah Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data menggugakan tes yaitu Tes Passing Bawah. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji T dan sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t independent mendapatkan t hitung masing-masing = 3.780 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan t tabel = 1.685. Dengan demikian, thitung (3.780) > ttabel (1.685). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode kooperatif terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas XI MIPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan.