Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video di Sekolah Menengah Atas Kelas XI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rivaldo Rivaldo
Edwarsyah Edwarsyah
Syafruddin Syafruddin
Yuni Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis video di sekolah menengah atas dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti di sekolah menengah atas di Kota Padang, terlihat para siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran PJOK terkhususnya pada materi bolavoli dan sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas 5 langkah pengembangan yaitu Analisis(Analyze),Perancangan(Design),Pengembangan(Development),Implementasi(Implementation) dan Evaluasi(Evaluation). Penelitian ini di bantu oleh 5 orang validator yaitu 3 ahli materi, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa validitas media yang dikembangkan memiliki persentase 90,92% dengan klasifikasi sangat layak. Media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis video di sekolah menengah atas kelas XI layak digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rivaldo, R., Edwarsyah, E., Syafruddin, S., & Astuti, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video di Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Jurnal JPDO, 5(12), 153-159. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1211