Perbedaan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul dan Reguler dalam Pembelajaran PJOK Kabupaten Padang Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vikry Rinaldi Saputra
Sepriadi Sepriadi
Syahrastani Syahrastani
Sri Gusti Handayani

Abstract

Motivasi adalah hal terpenting dalam proses belajar. Siswa tidak akan belajar dengan baik dengan sungguh-sungguh jika mereka tidak memiliki motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas unggul dan kelas reguler dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 2x1 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain komparatif yang diarahkan untuk membandingkan satu kelompok sampel dengan kelompok lain. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa kelas unggul dan 45 siswa kelas reguler. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa angket motivasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-Test. Hasil penelitian diketahui thitung < ttabel atau 0,212 < 1,664. Jadi, Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Kesimpulan, tidak terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa kelas unggul dan kelas reguler dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Artinya tingkat motivasi belajar siswa unggul dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar siswa reguler tidak terdapat perbedaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, V., Sepriadi, S., Syahrastani, S., & Handayani, S. (2023). Perbedaan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul dan Reguler dalam Pembelajaran PJOK Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 5(11), 170-176. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1175