Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri 17 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afrina Suci
Hendri Neldi
Syahrastani Syahrastani
Zulman Zulman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK siswa putri kelas VIII di SMP Negeri 17 Padang. Jenis penelitian adalah korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas VIII di SMP Negeri 17 Padang sebanyak 20% dari 113 orang menjadi 23 orang. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk kecerdasan emosional menggunakan kuesioner, motivasi belajar menggunakan kuesioner, sedangkan data hasil belajar PJOK diambil dari nilai ujian semester I tahun pelajaran 2021/2022 mata pelajaran PJOK siswa yang terpilih sebagai sampel. Data dianalisis dengan korelasi productmoment.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK, motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK serta kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK siswa putri kelas VIII di SMP Negeri 17 Padang, ditandai dengan hasil yang diperoleh rhitung 0,817 > rtabel 0,413, berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suci, A., Neldi, H., Syahrastani, S., & Zulman, Z. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri 17 Padang. Jurnal JPDO, 5(9), 34-40. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1135