Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Modifikasi Permainan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP melalui modifikasi. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta kemampuan passing bawah bolavoli, kemampuan passing sepakbola dan kemampuan menggiring bolabasket. Analsisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan deskripsi hasil observasi dan refleksi. Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu: Berdasarkan dari hasil penelitian disumpilkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa