Peran Pembina dan Motivasi Kepramukaan Peserta Didik SMA Pembangunan Laboratorium UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Utami
Nirwandi Nirwandi
Damrah Damrah
Darni Darni

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah diduga masih kurang terlaksana nya kegiatan Ekstrakurikuler kepramukaan SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hal ini didasarkan oleh beberapa faktor yaitu Pembina Pramuka dan Motivasi Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  peran pembina dan motivasi pelaksanaan kegiatan wajib kepramukaan SMA Pembangunan Laboratorium UNP.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah 641 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan mengambil 10% dari keseluruhan populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 67 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase.Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat pencapaian untuk variabel Peran Pembina adalah sebesar 676 (38,8%) dengan kategori Tidak Setuju. Selanjutnya tingkat pencapaian untuk variabel Motivasi Peserta Didik adalah sebesar 1089 (49,25%) dengan kategori Tidak Setuju.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, P., Nirwandi, N., Damrah, D., & Darni, D. (2022). Peran Pembina dan Motivasi Kepramukaan Peserta Didik SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal JPDO, 5(8), 104-108. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1047