Pengembangan E-Modul Permainan Bola Besar Mata PelajaranPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan e-modul, mengetahui kelayakan e-modul, mengetahui respon siswa terhadap kemenarikan e-modul, dan mengetahui efektifitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development)yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan penilaian dari para ahli didapatkan hasil rata-rata persentase 89% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan kriteria “Sangat Layak”digunakan dalam pembelajaran dan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. 2) Berdasarkan hasil rata-rata persentase respon siswa terhadap kemenarikan e-modul permainan bola besar adalah 91% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. 3) Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dengan melakukan pretest dan posttest serta menentukan rata-rata gain score pada aspek penilaian kognitif dan psikomotor, pada aspek penilaian kognitif rata-rata gain score 0,47 termasuk dalam kategori “sedang” dan pada aspek penilaian psikomotor rata-rata gain score 0,55 termasuk dalam kategori “sedang”. Dari kedua aspek penilaian tersebut e-modul permainan bola besar termasuk dalam kategori “Sedang” dan Efektif digunakan dalam pembelajaran.